Show simple item record

dc.contributor.authorKhaerunnisa, Dianawati
dc.date.accessioned2020-09-01T00:39:50Z
dc.date.available2020-09-01T00:39:50Z
dc.date.issued2020-04-25
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/23617
dc.description.abstractKondisi menunggu untuk mendapatkan jasa yang diinginkan atau yang sedang dibutuhkan bisa disebut dengan istilah mengantri atau antrian. Fenomena antrian juga dapat terjadi di puskesmas salah satunya yaitu antrian pada apotek farmasi. Hal yang menjadi masalah dalam setiap sistem antrian yaitu antrian yang panjang dan harus menunggu lama sampai mendapatkan giliran pelayanan atau bahkan jumlah fasilitas yang tersedia sangat banyak sehingga bekerja kurang optimal. Oleh karena itu, dilakukan penelitian secara matematis untuk menganalisis sistem antrian yang ada pada apotek Puskesmas Ngaglik I untuk mengetahui kinerja dari sistem antrian yang ada dan untuk mengetahui jumlah fasilitas pelayanan yang optimal pada kondisi ramai. Model Antrian apotek Puskesmas Ngaglik I untuk hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat maupun Sabtu yaitu . Berdasarkan hasil observasi, kondisi ramai jika dilihat pada jam pelayanan yaitu pukul 09:01-12:00 WIB, maka dilakukan analisis sistem antrian pada pukul 09:01-12:00 WIB. Hasil analisis menunjukan bahwa sistem antrian yang ada yaitu dengan 4 fasilitas pelayanan kurang efektif atau kurang optimal karena fasilitas pelayanan bekerja sangat longgar hal tersebut ditunjukan dengan nilai tingkat kegunaan fasilitas yang masih di bawah 30%. Sedangkan jumlah fasilitas pelayanan yang optimal pada kondisi ramai yaitu sebanyak 2 fasilitas pelayanan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTeori Antrianen_US
dc.subjectSistem Antrianen_US
dc.subjectMulti Channel Single Phaseen_US
dc.titleAnalisis Sistem Antrian Beserta Optimasi Pelayanan Pada Apotek Puskesmas Ngaglik Ien_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record