Show simple item record

dc.contributor.authorZulkurnaini_, Ifa
dc.date.accessioned2020-08-31T14:28:54Z
dc.date.available2020-08-31T14:28:54Z
dc.date.issued2020-03-10
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/23601
dc.description.abstractPenelitian ini mengkaji tentang konstruksi konsep wisata bencana di Indonesia. Penelitian ini menggunakan dua pertanyaan inti, bagaimana formasi statement wisata bencana di surat harian Kompas dan bagaimana pengetahuan yang mengatur wacana di surat harian Kompas. Untuk memperoleh hasil yang diinginkan, metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan atau strategi analisis wacana.Objek yang digunakan dalam penelitian adalah berita tentang wisata bencana di surat kabar Kompas. Dalam penelitiannya, penulis menggunaka teori komunikasi geografi, terkhusus bidang kajian representasi, power/knowledge dan genealogi Foucault. Hasil penelitian yang didapat ada dua basis pengetahuan yang mengkonstruk konsep wisata bencana di Indonesia. Pertama, basis pengetahuan bencana adalah bencana, berlaku pada periode wisata bencana yang dianggap sebagai tontonan (1976-2006). Kedua, basis pengetahuan bencana merupakan bagian dari bisnis, dimana sudah ada pengelolaan terhadap bencana , bencana sudah terinstitusikan (2010-sekarang)en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectkomunikasi geografien_US
dc.subjectwisata bencanaen_US
dc.subjectanalisis wacanaen_US
dc.subjectkompasen_US
dc.titleWacana Wisata Bencana Di Harian Umum Kompasen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record