Evaluasi Rawan Kemacetan Arus Putar pada Ruas Jalan Ringroad Utara (Studi Kasus Jalan Ring Road Utara Desa Mancasan Kidul Penggalan UII - UPN)
Abstract
Permasalahan kemacetan sekitar arus putar (U-turn) pada ruas jalan
Ring Road Utara penggalan UII-UPN pada dasarnya adalah besarnya tingkat
volume kendaraan yang melintasi di sekitar arus putar tersebut. Daerah
perputaran ini juga merupakan daerah pendidikan karena terdapat beberapa
Universitas yang berdiri pada sepanjang ruas putar tersebut.Tujuan penelitian ini
adalah untuk memberikan gambaran sejauh mana pengaruh pergerakan
kendaraan yang memutar terhadap kinerja lalu lintas pada ruas jalan Ring Road
Utara penggalan UII-UPN. Kinerja yang dievaluasi adalah Derajat Kejenuhan
Hubungan Kinerja segmen jalan, serta nilai kelambatan kendaraan pada saat
maneuver pada ruas perputaran.
Dalam Penelitian ini dibutuhkan data primer dan data sekunder. Data
primer yaitu data yang didapatkan dari penelitian langsung di lapangan
sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari instansi-instansi yang
terkait. Setelah menentukan lokasi dan melakukan persiapan maka mulai
dilakukan penelitian di lapangan untuk mendapatkan data primer (data arus data
kecepatan, serta data geometri jalan ) serta pengumpulan data sekunder (lay out
jalan ringroad utara dan data jumlah penduduk). Setelah semua data diperoleh
kemudian dilakukan analisa data, analisis data dilakukan per segmen jalan.
Setelah malakukan penelitian di lapangan dan analisis data, dapat
dikatakan jalan ringroad utara (pengalan UII/UPN) mengalami permasalan
dengan kapasitas, karena derajat kejenuhan melebihi batas ideal > 0.75.
Hubungan derajat kejenuhan dengan kecepatan hitungan menunjukkan nilai
korelasi rata-rata 0.96, hubungan volume arus dengan kecepatan hitungan
menunjukkan nilai korelasi rata-rata 0.97, hubungan kecepatan lapangan dengan
kecepatan hitungan menunjukkan nilai rata-rata 0.33.
Hubungan antara persentase kendaraan belok kanan terhadap volume
kendaraan menerus segmen jalan didapatkan bahwa semakin besar nilai
persentase kendaraan belok kanan maka volume kendaraan menerus mengecil
hunbungan antara persentase kendaraan belok kanan terhadap derajat kejenuhan
kendaraan menerus segmen jalan didapatkan bahwa semakin besar persentase
kendaraan belok kanan maka derajat kejenuhan kendaraan menerus segmen
mengecil.
Collections
- Civil Engineering [4199]