Show simple item record

dc.contributor.authorKusumawijayanti, Evi
dc.date.accessioned2017-02-03T07:52:09Z
dc.date.available2017-02-03T07:52:09Z
dc.date.issued2002
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/2313
dc.description.abstractBerlatar belakang Yogyakarta sebagai kota budaya yang kaya akan potensi seni khususnya seni rupa yang ditandai dengan tersedianya berbagai fasilitas pendukung kegiatan seni rupa seperti Purna Budaya, Bentara Budaya , dan berbagai musium dan galeri seperti Musium Affandi, Galeri Amri Yahya, Galeri Sapto Hudoyo Galen Kartika Affandi, dan lain-lain yang selain khusus digunakan mengoleksi hasil karya pribadi juga mempunyai karakteristik dan ciri masing-masing. Untuk itu dibutuhkan wadah seni yang dapat menjawab tantangan-tantangan tersebut wadah seni yang dimaksud adalah Galeri Seni Rupa Modern yang mampu menampung dan mewadahi berbagai kegiatan seni rupa, mulai dari ajang pameran tetap atau temporer, kegiatan seminar atau sarasehan, area pertunjukan seni autdoor dan lain-lain, sehingga dapat mendukung proses kegiatan apresiasi masyarakat peminat seni rupa terhadap hasil karya para perupa. Rasa bosan dan jenuh seringkali dialami oleh para pengunjung selama menikmati waktu kunjunganya dalam galeri seni rupa sehingga meninnggalkan galeri lebih cepat. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu; tidak adanya orientasi di dalam bangunan seperti landmark dan void, adanya kemonotonan ruang dalam galeri, dan tidak diperhatikannya standart kenyamanan pengunjung baik dari segi penerangan, jarak visual dan lain-lain. Untuk itu pembahasan ini dititik beratkan pada perancangan arsitektur yang mendasari dan mendukung perancangan ruang ruang melalui pengolahan pencahayaan alami dan buatan yang mecakup hal-hal; pengolahan rata cahaya ruang dalam yang terdiri dari pengolahan pencahayaan obyek pamer dua dimensi dan tiga dimensi, pencahayaan ruang-ruang pamer tetap ataupun temporer, Restoran selasar hall dan lobby serta pengolahan tata cahaya ruang luar yang mencakup pencahayaan fasade bangunan, sirkulasi kendaraan, sirkulasi pejalan kaki, pencahayaan sculpture area parkir dan lain-lain yang didasarkan atas standart-standart pola pencahayaan, pola perilaku pengunjung serta aspek-aspek pembentuk sirkulasi pada ruang pamer.en_US
dc.publisherUII Yogyakartaen_US
dc.subjectGaleri Seni Rupa Modern di Yogyakartaen_US
dc.subjectPengaruh Tata Cahayaen_US
dc.subjectPenciptaan Ruang yang Rekreatifen_US
dc.subjectMensikapi Efek Jenuh Pengunjungen_US
dc.titleGaleri Seni Rupa Modern di Yogyakarta: Pengaruh Tata Cahaya terhadap Penciptaan Ruang yang Rekreatif dalam Mensikapi Efek Jenuh Pengunjungen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record