Galeri Seni Rupa Modern di Yogyakarta: Pengaruh Tata Cahaya terhadap Penciptaan Ruang yang Rekreatif dalam Mensikapi Efek Jenuh Pengunjung
Abstract
Berlatar belakang Yogyakarta sebagai kota budaya yang kaya akan potensi
seni khususnya seni rupa yang ditandai dengan tersedianya berbagai fasilitas
pendukung kegiatan seni rupa seperti Purna Budaya, Bentara Budaya , dan berbagai
musium dan galeri seperti Musium Affandi, Galeri Amri Yahya, Galeri Sapto
Hudoyo Galen Kartika Affandi, dan lain-lain yang selain khusus digunakan
mengoleksi hasil karya pribadi juga mempunyai karakteristik dan ciri masing-masing.
Untuk itu dibutuhkan wadah seni yang dapat menjawab tantangan-tantangan tersebut
wadah seni yang dimaksud adalah Galeri Seni Rupa Modern yang mampu
menampung dan mewadahi berbagai kegiatan seni rupa, mulai dari ajang pameran
tetap atau temporer, kegiatan seminar atau sarasehan, area pertunjukan seni autdoor
dan lain-lain, sehingga dapat mendukung proses kegiatan apresiasi masyarakat
peminat seni rupa terhadap hasil karya para perupa.
Rasa bosan dan jenuh seringkali dialami oleh para pengunjung selama
menikmati waktu kunjunganya dalam galeri seni rupa sehingga meninnggalkan galeri
lebih cepat. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu; tidak adanya orientasi
di dalam bangunan seperti landmark dan void, adanya kemonotonan ruang dalam
galeri, dan tidak diperhatikannya standart kenyamanan pengunjung baik dari segi
penerangan, jarak visual dan lain-lain.
Untuk itu pembahasan ini dititik beratkan pada perancangan arsitektur yang
mendasari dan mendukung perancangan ruang ruang melalui pengolahan
pencahayaan alami dan buatan yang mecakup hal-hal; pengolahan rata cahaya ruang
dalam yang terdiri dari pengolahan pencahayaan obyek pamer dua dimensi dan tiga
dimensi, pencahayaan ruang-ruang pamer tetap ataupun temporer, Restoran selasar
hall dan lobby serta pengolahan tata cahaya ruang luar yang mencakup pencahayaan
fasade bangunan, sirkulasi kendaraan, sirkulasi pejalan kaki, pencahayaan sculpture
area parkir dan lain-lain yang didasarkan atas standart-standart pola pencahayaan,
pola perilaku pengunjung serta aspek-aspek pembentuk sirkulasi pada ruang pamer.
Collections
- Architecture [3656]