Pelatihan Social Emotional Learning Untuk Menurunkan Tingkat Agresivitas Siswa Sekolah Dasar “H” Yogyakarta Tesis Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai Derajat Magister Psikologi Profesi Program Magister Psikologi Profesi Konsentrasi Psikologi Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan social emotional learning terhadap tingkat agresivitas siswa sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 orang siswa sekolah dasar, berjenis kelamin laki-laki, dengan rentang usia antara 9 – 11 tahun, yang bersekolah di SDIT “H” Yogyakarta. Subjek dibagi dalam 2 kelompok, yaitu 6 siswa untuk kelompok eksperimen dan 6 siswa untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan sosiometri peer nomination dan skala perilaku agresif yang dicetuskan oleh Anderson dan Huesmann (2007). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney U test untuk mengetahui pengaruh pemberian
pelatihan social emotional learning terhadap penurunan tingkat agresivitas siswa sekolah dasar. Sedangkan analisis kualitatif dilakukan berdasarkan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada tingkat agresivitas siswa antara sebelum dilakukan pelatihan (pretest), setelah dilakukan pelatihan (posttest), maupun pada saat tindak lanjutt (followup) pada kedua kelompok penelitian dengan nilai Z = -2.903, dan p = 0.004 (p<0.05). Kesimpulan dari penelitian ini ialah pelatihan social emotional learning dapat menurunkan tingkat agresivitas pada siswa jenjang sekolah dasar. Oleh karena itu, hipotesesi dalam penelitian ini diterima.
Collections
- Master of Psychology [344]