Show simple item record

dc.contributor.authorZUKA KHAIRUNNISA
dc.date.accessioned2017-02-03T07:20:40Z
dc.date.available2017-02-03T07:20:40Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/2307
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan social emotional learning terhadap tingkat agresivitas siswa sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 orang siswa sekolah dasar, berjenis kelamin laki-laki, dengan rentang usia antara 9 – 11 tahun, yang bersekolah di SDIT “H” Yogyakarta. Subjek dibagi dalam 2 kelompok, yaitu 6 siswa untuk kelompok eksperimen dan 6 siswa untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan sosiometri peer nomination dan skala perilaku agresif yang dicetuskan oleh Anderson dan Huesmann (2007). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney U test untuk mengetahui pengaruh pemberian pelatihan social emotional learning terhadap penurunan tingkat agresivitas siswa sekolah dasar. Sedangkan analisis kualitatif dilakukan berdasarkan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada tingkat agresivitas siswa antara sebelum dilakukan pelatihan (pretest), setelah dilakukan pelatihan (posttest), maupun pada saat tindak lanjutt (followup) pada kedua kelompok penelitian dengan nilai Z = -2.903, dan p = 0.004 (p<0.05). Kesimpulan dari penelitian ini ialah pelatihan social emotional learning dapat menurunkan tingkat agresivitas pada siswa jenjang sekolah dasar. Oleh karena itu, hipotesesi dalam penelitian ini diterima.en_US
dc.publisherUIIen_US
dc.relation.ispartofseriesTugas Akhir;
dc.subjectPelatihan social emotional learningen_US
dc.subjectAgresivitasen_US
dc.subjectSiswa sekolah dasaren_US
dc.titlePelatihan Social Emotional Learning Untuk Menurunkan Tingkat Agresivitas Siswa Sekolah Dasar “H” Yogyakarta Tesis Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai Derajat Magister Psikologi Profesi Program Magister Psikologi Profesi Konsentrasi Psikologi Pendidikanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM12915002


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record