Sikap Konsumen terhadap Atribut Minyak Pelumas Mesran di Komplek Pertamina Plaju
Abstract
Penelitian ini berjudul Sikap Konsumen Terhadap Atribut Minyak Pelumas
Mesran di Komplek Pertamina Plaju.
Permasalahan pada skripsi ini ada dua yaitu : bagaimana sikap konsumen terhadap
minyak pelumas mesran dan apakah ada perbedaan sikap konsumen pemilik mobil
terhadap minyak pelumas mesran dengan minyak pelumas lain.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sikap konsumen terhadap minyak
pelumas mesran dan untuk mengetahui perbedaan sikap konsumen pemilik mobil
terhadap minyak pelumas mesran dengan minyak pelumas lain, unit penelitian dilakukan
pada masyarakat di Kelurahan Komplek Pertamina Plaju dengan sample sebanyak 66
KK.
Sikap konsumen dibagi menjadi tiga kategori yang total keseluruhan dari ketiga
kategori tersebut adalah 8 atribut yaitu : minyak pelumas mesran harganya lebih murah,
mutu yang baik, mudah didapat, banyak jenisnya, layanan perusahaan serta distribusi
yang memuaskan, terjamin keamanan produknya dan citra perusahaan yang baik.
Kesimpulan dari kedelapan atribut yang ditawarkan tergolong sangat baik dan baik,
walaupun ada atribut yang mempunyai nilai atau skor rendah, yaitu mutu minyak
pelumas mesran yang dirasa oleh konsumen masih kurang dibandingkan dengan minyak
pelumas lain atau minyak pelumas impor, serta ada perbedaan antara konsumen pemilik
mobil terhadap minyak pelumas mesran dengan minyak pelumas lain.
Atribut yang masih tergolong nilai atau skornya masih rendah harus segera
diperbaiki dan terus berusaha untuk menutupi kekurangan produknya. Tetapi yang paling
penting adalah, perusahaan harus lebih giat lagi mempublikasikan atau mempromosikan
minyak pelumas mesran ke konsumen. Perusahaan juga harus memperbaiki kualitas dari
atribut-atribut yang masih tergolong rendah dan mempertahankan serta meningkatkan
atribut yang memperoleh skor tertinggi. sehingga perbedaan perbedaan sikap konsumen
tidak terlalu jauh.
Collections
- Economics [2152]