Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pemakai Sistem EDI pada Industri Perbankan di Yogyakarta
Abstract
Kepuasan pemakai merupakan ungkapan rasa menyenangkan atau
tidak menyenangkan yang timbul dalam diri pemakai sistem. Para pemakai sistem
yang tidak puas terhadap sistem tersebut akan menghasilkan kondisi kerja yang
tidak menyenangkan. Dengan demikian, dengan meningkatnya kualitas kerja
karyawan maka akan bermanfaat bagi karyawan itu sendiri. Salah satu sistem
yang dapat membantu kegiatan pada perbankan adalah Electronic Data
Interchange (EDI). EDI merupakan pertukaran informasi bisnis yang
terkomputerisasi dan dapat diproses di dalam perusahaan. EDI merupakan
hubungan langsung antar komputer digunakan untuk transaksi informasi yang
dilakukan dalam bentuk dokumen bisnis seperti, faktur dan pemesanan pembelian
dalam format yang standar.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh
kualitas informasi, dimensi waktu, tingkat kehandalan sistem, tingkat pemahaman
pemakai sistem dan dukungan manajemen terhadap Kepuasan Pemakai Sistem
EDI pada perbankan. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi
berganda, dengan menggunakan program SPSS 13.0
Data diperoleh melalui penyebaran 96 kuesioner kepada karyawan
perbankan di daerah Yogyakarta yang menggunakan sistem EDI
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Kualitas Informasi.
Dimensi Waktu, dan Kehandalan Sistem mempengaruhi Kepuasan Pemakai
Sistem, sedangkan faktor Pemahaman Pemakai dan Dukungan Manajemen tidak
mempengaruhi Kepuasan Pemakai.
Collections
- Akuntansi [4426]