PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA DI MA SUNAN PANDANARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa kelas XI MA Sunan Pandanaran pada prestasi belajar siswa dan keaktifan siswa antara model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan
model pembelajaran konvensional pada materi bahasan Asam Basa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi EksperimentalDesign yaitu Post Test Only Nanoquivalent Grup Design. Populasi yang digunakan
pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MA Sunan Pandanaran tahun pelajaran 2018/2019. Dua kelas digunakan sebagai sampel penelitian. Data dianalisis menggunakan uji parametrik Independent Sample T-Test untuk keaktifan, serta uji Non Parametrik Mann Whitney U untuk prestasi belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa kelas XI MA Sunan Pandanaran pada ranah pengetahuan, (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan keaktifan belajar siswa kelas XI MA Sunan Pandanaran antara penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stay
(TSTS) dengan model pembelajaran konvensional pada bahasan Asam Basa.
Collections
- Chemistry [542]