ANALISIS PERILAKU INVESTOR DI PASAR MODAL SYARIAH DENGAN PENDEKATAN TRA (THEORY OF REASONED ACTION)
Abstract
Perkembangan pasar Modal di Indonesia sangat signifikan, dengan di terapkannya kampanye Yuk Nabung Saham semakin menambah jumlah investor domestic di Indonesia. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat per 9 Agustus 2019, jumlah investor pasar modal mencapai 2.070.394 orang, meningkat 27,8 persen dari posisi Desember 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengetahuan Investasi terhadap Sikap, Motivasi Investasiterhadap Sikap, Persepsi terhadap Resiko terhadap Sikap, Sikap berpengaruh terhadap Minat, Norma Subjektif berpengaruh terhadap Minat Investasi, dan
Minat Investasi berpengaruh terhadap Perilaku Investor Di Pasar Modal Syariah Populasi dalam penelitian ini adalah investor Pasar Modal Syariah di wilayah DIY & Jateng. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebagianInvestor Syariah di wilayah DIY & Jateng yang berjumlah 213 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability dengan metode
convenience sampling dan model penelitian akan dianalisa dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM), dengan menggunakan bantuan software AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan investasi berpengaruh signifikan negatif terhadap sikap, motivasi investasi berpengaruh signifikan positif terhadap sikap, persepsi terhadap resiko berpengaruh signifikan negatif terhadap sikap, sikap berpengaruh signifikan positif terhadap minat, norma subjektif berpengaruh signifikan positif terhadap minat dan minat berpengaruh signifikan positif terhadap perilaku investor.
Collections
- Master of Management [409]