Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Ir. Elisa Kusrini, M.T., CPIM, CSCP
dc.contributor.authorMuhammad Irfan Altamish, 15522217
dc.date.accessioned2020-05-07T22:07:46Z
dc.date.available2020-05-07T22:07:46Z
dc.date.issued2019-11-01
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20354
dc.description.abstractSeiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi mengharuskan perusahaan untuk ikut mengembangkan usaha yang telah dijalani, agar mampu bersaing dengan perusahaan yang lain. Dengan demikian perusahaan diharuskan untuk menerima perkembangan tersebut, karena perkembangan tersebut menimbulkan peningkatan daya saing antar perusahaan yang semakin ketat. Perusahaan diharapkan bisa memiliki kualitas pelayanan yang baik, khususnya perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Apabila pelayanan yang dimiliki oleh perusahaan baik, maka konsumen akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Untuk meningkatkan produktivitas atau pelayanan yang baik, perusahaan harus mampu meminimalisir waktu yang diperlukan untuk melakukan aktivitasnya. Pada penelitian kali ini dilakukan di PT Angkasa Pura Kargo Cabang Pontianak. PT Angkasa Pura Kargo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan pengiriman barang melalui jalur udara atau pesawat. PT Angkasa Pura Kargo Cabang Pontianak memiliki dua gudang di dalamnya, yaitu gudang incoming dan gudang outgoing. Penelitian ini berisi tentang bagaimana cara agar waktu siklus dari pelayanan yang dimiliki oleh perusahaan bisa lebih ringkas dari sebelumnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah VSM (Value Stream Mapping). Untuk mengetahui berapa waktu siklus yang dimiliki gudang dengan memetakan aktivitas gudang dan waktu tiap aktivitas gudang. Setelah dipetakan aktivitasaktivitas gudang tersebut dianalisis waste yang ada. Kemudian dilakukan perbaikan dengan cara mengurangi dan mengeliminasi waste yang ada pada aktivitas gudang kargo. Setelah dilakukan perbaikan, kemudian dibuat VSM setelah perbaikan untuk dibandingkan dengan VSM awal. Menurut hasil yang didapat terjadi perubahan pada waktu siklus kedua gudang, untuk aktivitas incoming mengalami penurunan cycle time sebesar 7% dan penurunan lead time sebesar 49%. Pada aktivitas outgoing mengalami penurunan cycle time sebesar 15% dan penurunan lead time sebesar 27%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPT Angkasa Pura Kargoen_US
dc.subjectproduktivitasen_US
dc.subjectGudang Incomingen_US
dc.subjectGudang Outgoingen_US
dc.subjectVSM (Value Stream Mapping)en_US
dc.subjectWasteen_US
dc.subjectCycle Timeen_US
dc.subjectLead Timeen_US
dc.titleLean Warehousing Untuk Peningkatan Produktivitas Gudang Dengan Metode Value Stream Mapping (Studi Kasus Di PT. Angkasa Pura Kargo Cabang Pontianak)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record