ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD (Studi Kasus di UD IM Mubarok Furniture)
Abstract
Dalam mengukur kinerja suatu perusahaan, akan lebih baik bila tidak hanya mengukur
aspek keuangannya saja. Balanced Scorecard merupakan suatu konsep pengukuran
kinerja dengan empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta
pertumbuhan dan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ukuran
kinerja pada UD IM Mubarok Furniture menggunakan pendekatan Balanced Scorecard
berdasarkan keempat perspektifnya. Pada perspektif keuangan,nilai Net Profit Margin,
Return On Investment, Return On Eqity, Return On Assets dan nilai Total Assets
Invenstment sudah mencapai target perusahaan dan termasuk kategori baik. Pada
perspektif pelanggan, nilai kepuasan pelanggan sudah mencapai target dan
termasuk dalam kategori baik, tetapi nilai Customer Acquisition belum mencapai target
sehingga termasuk kategori kurang. Pada perspektif proses bisnis internal, nilai
realisasi inovasi produk sudah mencapai target perusahaan sehingga termasuk
kategori baik, tetapi nilai pada produk cacat belum mencapai target maksimal perusahaan
sehingga termasuk kategori kurang. Pada perspektif nilai pelatihan karyawan dan nilai
kepuasan karyawan sudah mencapai target perusahaan,namun pada retensi karyawan
belum mencapai target dan termasuk dalam kategori kurang. Nilai rating kinerja
yang didapatkan UD IM Mubarok Furniture adalah sebesar 0,45. Berdasarkan skala
rating kinerja, kinerja UD IM Mubarok Furniture termasuk dalam kategori cukup baik.
Collections
- Industrial Engineering [2235]