Show simple item record

dc.contributor.advisorHendrik, S.T., M.Eng.
dc.contributor.authorAnnissa Kurniasari, 16523055
dc.date.accessioned2020-05-04T22:21:42Z
dc.date.available2020-05-04T22:21:42Z
dc.date.issued2020-01-02
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20181
dc.description.abstractMetode pembelajaran flipped learning telah menjadi salah satu metode yang paling diminati saat ini. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu, flipped learning mampu memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar maupun perilaku siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Namun, pada kenyataannya persentase hasil penelitian terdahulu lebih banyak mengkaji dan mengevaluasi metode pembelajaran flipped learning pada pelajaran non-teknologi dan pelajaran yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana penerapan metode pembelajaran flipped learning pada pelajaran teknologi yang lebih bersifat praktis. Selain itu, Program Studi Informatika, Universitas Islam Indonesia pada awal tahun 2019 lalu, mulai menerapkan flipped learning sebagai metode pembelajarannya. Sehingga penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran flipped learning lebih efektif jika dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional yang sebelumnya diterapkan pada Prodi Informatika UII apabila ditinjau dari persepsi dan performa mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah uji rata-rata (uji t) untuk data independen (independent sample t-test) untuk menganalisis nilai akhir dan uji selisih dua proporsi untuk menganalisis data persepsi mahasiswa terhadap metode pembelajaran flipped learning. Responden pada penelitian melibatkan 125 mahasiswa. Mereka merupakan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengembangan Sistem Informasi (PSI), Business Intelligence (BI) dan Manajemen Teknologi Informasi (MTI). Responden terbagi ke dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen, dimana kelas tersebut menerapkan metode pembelajaran flipped learning dan kelas kontrol, kelas yang menerapkan metode pembelajaran tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, meskipun flipped learning diterapkan pada pelajaran teknologi yang bersifat praktis, ternyata flipped learning mampu meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa. Selain itu, jika dilihat dari persepsi mahasiswa ditinjau dari tingkat kemandirian dan penguasaan materi, hasil menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki respon yang positif terhadap metode pembelajaran flipped learning. Hal ini dapat dilihat dari proporsi mahasiswa dengan tingkat kemandirian dan penguasaan materi pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Performa mahasiswa juga menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen, rata-rata nilai akhir mahasiswa lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode pembelajaran flipped learning dalam pembelajaran teknologi efektif ditinjau dari persepsi mahasiswa serta performa mahasiswa di Prodi Informatika UII.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectefektivitasen_US
dc.subjectflipped learningen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.subjectperformaen_US
dc.subjectpersepsien_US
dc.subjectteknologien_US
dc.titleANALISIS EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN FLIPPED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DI PRODI INFORMATIKA Uen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record