ANALISIS EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN FLIPPED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DI PRODI INFORMATIKA U
Abstract
Metode pembelajaran flipped learning telah menjadi salah satu metode yang paling
diminati saat ini. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu, flipped learning mampu memberikan
pengaruh yang positif terhadap hasil belajar maupun perilaku siswa selama proses
pembelajaran berlangsung. Namun, pada kenyataannya persentase hasil penelitian terdahulu
lebih banyak mengkaji dan mengevaluasi metode pembelajaran flipped learning pada pelajaran
non-teknologi dan pelajaran yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan
untuk melihat bagaimana penerapan metode pembelajaran flipped learning pada pelajaran
teknologi yang lebih bersifat praktis. Selain itu, Program Studi Informatika, Universitas Islam
Indonesia pada awal tahun 2019 lalu, mulai menerapkan flipped learning sebagai metode
pembelajarannya. Sehingga penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah metode
pembelajaran flipped learning lebih efektif jika dibandingkan dengan metode pembelajaran
tradisional yang sebelumnya diterapkan pada Prodi Informatika UII apabila ditinjau dari
persepsi dan performa mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini
adalah uji rata-rata (uji t) untuk data independen (independent sample t-test) untuk
menganalisis nilai akhir dan uji selisih dua proporsi untuk menganalisis data persepsi
mahasiswa terhadap metode pembelajaran flipped learning. Responden pada penelitian
melibatkan 125 mahasiswa. Mereka merupakan mahasiswa yang mengambil mata kuliah
Pengembangan Sistem Informasi (PSI), Business Intelligence (BI) dan Manajemen Teknologi
Informasi (MTI). Responden terbagi ke dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen, dimana kelas
tersebut menerapkan metode pembelajaran flipped learning dan kelas kontrol, kelas yang
menerapkan metode pembelajaran tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, meskipun
flipped learning diterapkan pada pelajaran teknologi yang bersifat praktis, ternyata flipped
learning mampu meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa. Selain itu, jika dilihat dari
persepsi mahasiswa ditinjau dari tingkat kemandirian dan penguasaan materi, hasil
menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki respon yang positif terhadap metode
pembelajaran flipped learning. Hal ini dapat dilihat dari proporsi mahasiswa dengan tingkat
kemandirian dan penguasaan materi pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.
Performa mahasiswa juga menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen, rata-rata nilai akhir
mahasiswa lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa, penerapan metode pembelajaran flipped learning dalam pembelajaran teknologi efektif
ditinjau dari persepsi mahasiswa serta performa mahasiswa di Prodi Informatika UII.
Collections
- Informatics Engineering [2148]