Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Aden Wijdan S.Z., M.Si
dc.contributor.authorAbdi Candra Wijaya, 15422068
dc.date.accessioned2020-04-28T07:05:14Z
dc.date.available2020-04-28T07:05:14Z
dc.date.issued2020-01-06
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/19896
dc.description.abstractPendidikan adalah suatu proses pembelajaran dimana proses pembelajaran tersebut dapat mengembangkan potensi dan kepribadian yang baik di dalam dirinya. Homeschooling merupan jalur pendidikan alternatif dimana pendidikan ini di buat bagi peserta didik yang kurang cocok dengan pendidikan formal pada umumnya. Seperti, atlet,artis dimana mereka mempunyai jadwal yang padat dalam memenuhi kebutuhan mereka. Dengan berhomeschooling tentunya mereka dapat membagi waktu antara belajar dan berlatih untuk menjadi atlet ataupun berperan untuk menjadi seorang artis. Dengan waktu yang fleksibel tentu menjadi banyak pilihan bahwa homeschooling banyak diminati bagi kalangan anak-anak seperti yang sudah dijelaskan di atas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran di Homeschooling Anugrah Bangsa (ansa) Sleman Yogayakarta. 2) Untuk mengetahui apakah efektif pelaksanaan pendidikan di Homeschooling AnsaBangsa Sleman Yogayakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru, dan siswa kelas X. objek penelitian ini adalah proses pembelajaran berhomeschooling, dan efektivitas pendidikan di Homeschooling Ansa Sleman Yogyakarta. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penyajian data (data display), verification (conclusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran di Homeschooling Ansa Sleman Yogayakarta sudah efektif dengan mengkaitkan dari mulai tujuan pembelajran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. 5 komponen inilah yang membuat proses pembelajaran menjadi efektif. 2). Efektivitas pelaksanaan pendidikan di Homeschooling Ansa Sleman Yogayakarta sudah efektif terkait mulai dari rekrutmen guru, tata pamong atau struktur organisasi, sarana dan prasarana, dan sumber daya manusia sudah berjalan dengan baik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectHomeschoolingen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN HOMESCHOOLING DI ANUGRAH BANGSA SLEMAN YOGYAKARen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record