Show simple item record

dc.contributor.advisorLukman, S.Ag, M.Pd
dc.contributor.authorIsreozeky Fathana Kurnia, 15422032
dc.date.accessioned2020-04-28T06:54:22Z
dc.date.available2020-04-28T06:54:22Z
dc.date.issued2020-01-06
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/19895
dc.description.abstractSejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang memiliki tujuan meningkatkan iman siswa, memberi bekal dalam kehidupan siswa, mendukung perkembangan Islam serta memperluas cakrawala pandangan siswa terhadap Agama Islam. Oleh karena itu, SKI perlu diberikan pada sekolah-sekolah di bawah naungan Departemen Agama, termasuk di MAN 3 Sleman, Yogyakarta. Pembelajaran SKI di kelas diharapkan dapat mendukung siswa mencapai tujuan yang telah disebutkan di atas, akan tetapi masih terdapat banyak kesulitan dan permasalahan yang terjadi dalam prosesnya sehingga pembelajaran menjadi tidak maksimal. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran SKI di MAN 3 Sleman dan menyusun cara atau solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan meminimalisir kesulitan-kesulitan tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria pihak yang terlibat langsung dalam pembelajaran SKI di MAN 3 Sleman. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang yang terdiri dari siswa kelas X, XI, XII dan guru mata pelajaran SKI di MAN 3 Sleman. Berdasarkan hasil analisis terhadap data penelitian, ditemukan beberapa kesulitan belajar SKI, yaitu: (1) siswa kesulitan melafalkan, menghafal, dan memahami nama-nama dan istilah yang berasal dari negeri Arab; (2) metode pembelajaran yang kurang bervariasi (3) materi SKI yang sangat banyak dan tidak seimbang dengan waktu yang tersedia; (4) informasi pada buku paket dan LKS belum lengkap, dan (5) keterbatasan dalam melatihkan keteladanan pada siswa. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan inovasi dengan desain pembelajaran, penilaian, dan kegiatan yang melibatkan kreativitas atau menarik minat siswa, serta mengajukan keberatan atau permintaan peninjauan kembali kedalaman materi SKI serta alokasi jam pelajaran untuk SKI di sekolah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSKIen_US
dc.subjectkesulitan belajaren_US
dc.titleANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN CARA MENGATASINYA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MAN 3 SLEMANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record