Pusat Promosi dan Pelatihan Agrikultur di Kotamadya Samarinda Kalimantan Timur Pengolahan Tata Ruang Dalam dan Tata Ruang Luar sebagai Perwujudan Integrasi antar Kegiatan Indoor dan Outdoor
Abstract
Kotamadya Samarinda memiliki potensi sebagai kota orda pertama untuk regional
karena merupakan pusat pemerintah ibukota propinsi Kalimantan Timur, pusat
perdagangan , pusat perniagaan , pusat industri dan pusat pendidikan , yang melayani
seluruh wilayah kalimantan timur. Pertumbuhan kotamadya Samarinda didominasi oleh
sektor minyak dan gas bumi serta batu bara dengan kontribusi 45%. Dikarenakan sektor
sumber daya alam tersebut dirasa sangat merugikan bagi pemerintah dan masyarakat
antara lain: . - Daerah yang digunakan untuk penambangan akan rusak dan terlantar dan akan
habis. • Tidak memberikan peningkatan pendapatan yang berarti bagi masyarakat di 42
desa yang ada di kotamadya Samarinda.
Maka pemerintah daerah akan menetapkan pembangunan ekonomi dengan
mengabungkan agrobisnis.
Di Kotamadya Samarinda perkembangan Agrobisnis mengatasi hambatan baik
dari pendidikan dan pelatihan maupun dan segi pemasaran /promosi, pada pendidikan,
Agrikultur dan pelatihan baik yang diselenggarakan oleh pemda Kaltim maupun pemda
lain dirasa kurang untuk saran maupun sarannya. Yang dikarenakan oleh beberapa faktor
baik dari Sumber daya Manusia maupun waktu. Sedangkan pada bidang pemasaran
mengalami hambatan dikarenakan oleh adanya pemasaran yang dilakukan pada lokasi
yang berjauhan menyebar di wilayah Samarinda sekarang tidak efektif untuk
memperkenalkan keunggulan masing-masing sub pertanian.
Pada perencanaan sarana promosi dan pelatihan Agrikultur di Kodya Samarinda
berdasar pada analisis karakteristik kegiatan dari promosi dan pelatihan agrikultur
tersebut Pada masing-masing kegiatan tersebut memiliki kegiatan yang sama yaitu
indoor dan out door.Dengan adanya kegiatan tersebut,maka dibutuhkan suatu pengolahan
yang baik pada ruang luar maupun ruang dalam untuk mewadahi kegiatan yang berbeda
pada penggabungan kegiatan promosi dan pelatihan.
Konsep yang digunakan pada perencanaan pusat promosi dan pelatihan tersebut
adalah dengan pertimbangan pengolahan yang baik yang dalam maupun ruang luar
sebagai perwujudan suatu integrasi antar kegiatan indoor dan outdoor. Untuk mewujudkan
konsep tersebut dilakukan hal-hal dalam perencanaan tersebut antara lain: menggunakan
suatu keterbukaan pada pengolahan ruang dalam dan ruang luar dan suatu pendekatan
dengan alam baik dari bentuk, penggunaan bahan pada unsur suatu ruangan.
Collections
- Architecture [3718]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Fasilitas Komersial di Bekas Kompleks Hero Supermarket dan Bioskop Regent di Jogjakarta Penekanan pada Perancangan Ruang Luar dan Ruang Dalam Melalui Pendekatan Optimasi Pemanfaatan Ruang-Ruang Komersial
Z.W. Baihaki, 98512193 (Universitas Islam Indonesia, 2003) -
Biro Desain Grafis dan Percetakan di Yogyakarta Penekanan pada Tata Ruang dan Sirkulasi Sebagai Upaya mengintegrasikan Ruang Desain Grafis dengan Ruang Percetakan untuk Menciptakan Efisiensi Ruang
Muhammad Azmi, 02512079 (Universitas Islam Indonesia, 2007)Dewasa ini perkembangan desain gratis di Yogyakarta mengalami peningkatan yang pesat. Perkembangan akan desain gratis ini dikarenakan akan begitu pentingnya arti desian gratis sebagai media ( tipografi / tulisan ) yang ... -
Fasilitas Anak Pra-Sekolah Terpadu di Yogyakarta Perancangan Ruang Luar dan Ruang Dalam melalui Pendekatan Studi Lay-Out Ruang untuk Mencapai Keterpaduan Ruang
Inne Haryati, 97512099 (Universitas Islam Indonesia, 2002)Era globalisasi yang akan kita hadapi sarat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat berubah dan penuh persaingan serta menuntut generasi penerus yang siap dan tangguh di masa depan. Generasi yang tangguh ...