Determinan Hasil Pembelajaran Enterprise Resource Planning : Studi Empiris Terhadap Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Abstract
Skripsi ini menyajikan sebuah penelitian tentang hasil pembelajaran pada mata kuliah Lab. ERP-SAP pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Islam Indonesia. Dalam penelitian ini terdapat beberapa variabel yang mempengaruhi
hasil pembelajaran mahasiswa yaitu penerimaan mahasiswa terhadap teknologi ERP-SAP, pengetahuan proses bisnis, dan kemampuan mengolah transaksi ERPSAP. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh dari ketiga variabel tersebut terhadap hasil pembelajaran Lab. ERPSAP. Penelitian ini sendiri melibatkan mahasiswa aktif yang telah mengambil dan lulus mata kuliah Lab. ERP pada jurusan akuntansi Universitas Islam
Indonesia. Sebanyak 120 sampel kuesioner yang disebar kepada mahasiswa akuntansi dengan 106 kuesioner yang dapat digunakan untuk melakukan analisis lebih lanjut. Kuesioner penelitian ini diadopsi dari Cronan dan Douglas (2012),
sedangkan analisisnya menggunakan metode regresi berganda dengan menggunakan software SPSS versi 22. Terdapat 1 variabel dependen dan 3 variabel independen dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa ketiga variabel independen yang diuji dapat diterima. Hal ini dikarenakan ketiga variabel tersebut mempunyai pengaruh yang sangat besar di dalam proses pembelajaran Lab ERP. Variabel penerimaan mahasiswa terhadap teknologi ERP-SAP mempunyai pengaruh dalam pengenalan awal kepada mahasiswa yang baru mengenal software untuk mengukur kemudahan, minat dan manfaat bagi mereka ketika mengoperasikannya. Variabel pengetahuan proses bisnis mempunyai
pengaruh dalam menilai sejauh mana mahasiswa dapat memahami aktivitas dan siklus bisnis yang terjadi di dalam pengoperasian ERP-SAP. Sedangkan variabel kemampuan mengolah transaksi ERP-SAP mempunyai pengaruh dalam menilai
kemampuan mahasiswa dalam mengolah dan memproses suatu transaksi tanpa terjadi eror dan dapat terselesaikan hingga terbentuk sebuah transaksi. Penelitian ini merupaka penelitian komprehensif tentang pembelajaran ERP dan dapat
digunakan sebagai bahan evaluasi bahan pengajaran untuk mendapat hasil yang maksimal.
Collections
- Akuntansi [4414]