GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI FARMASI RSUD ADE MOHAMMAD DJOEN SINTANG KALIMANTAN BARAT
Abstract
pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien erat kaitannya dengan pelayanan Instalasi
Farmasi Rumah Sakit yang dapat memberikan pelayanan sesuai dengan yang
diharapkan dan kenyataan yang diberikan kepada pasien, sehingga perlu
dilakukan pengukuran tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk men
getahui persentase dari lima servqual dan pengaruh sosiodemografi kependudukan
terhadap tingkat kepuasan pasien. Metode yang digunakan pada penelitian ini
menggunakan penelitian deskriptif non-experimental dengan rancangan cross
sectional dengan jumlah sampel 102 orang dan menggunakan kuantitatif
menggunakan kuisioner SERVQUAL. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober –
November 2019. Analisis data deskriptif analitik digunakan untuk menghitung
persentase tingkat kepuasan pasien di Instalasi Farmasi RSUD Ade Mohammad
Djoen Sintang. Menggunakan uji chi square untuk menganalisi data. Analisis uji
GAP mendapatkan hasil pasien merasa tidak puas terhadap pelayanan pada
dimensi tangibles, dimensi reliabilitu, responsiveness, dan dimensi assurance.
Sedangkan pada dimensi emphaty pasien sudah merasa puas. Karakteristik
sosiodemografi yang berhubungan dengan tingkat kepuasan adalah tingkat
pendapatan dengan nilai korelasi P = 0,013. Karakteristik yang tidak terdapat
hubungan dengan tingkat kepuasan yaitu Jenis kelamin nilai korelasi P = 0,617,
nilai usia P = 0,509, nilai pekerjaan P = 0,830, dan nilai keanggotan sumber biaya
P = 0,110
Collections
- Pharmacy [1444]