Show simple item record

dc.contributor.advisorRahadian Kurniawan, S.Kom., M.Kom
dc.contributor.authorNafidhatul Ula, 15523189
dc.date.accessioned2020-02-10T03:45:34Z
dc.date.available2020-02-10T03:45:34Z
dc.date.issued2019-11-11
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/18044
dc.description.abstractPerkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan teknologi sebagai kebutuhan penting di segala bidang tak terkecuali pada bidang kesehatan seperti klinik. Teknologi seperti sistem informasi digunakan di suatu klinik dengan tujuan sebagai wadah dalam memberikan informasi. Klinik Family Dental Care merupakan salah satu klinik gigi yang berada di Sleman, Yogyakarta. Klinik ini menawarkan berbagai layanan perawatan kesehatan gigi. Pihak klinik memiliki beberapa kendala yang belum dapat diselesaikan seperti proses pengelolaan booking. Pengelolaan booking masih kurang optimal karena pihak klinik harus selalu menginformasikan terlebih dahulu kepada setiap pasien yang akan mendaftar apabila ada jadwal yang tersedia atau tidak. Selain itu terdapat penunjang layanan kesehatan seperti pencatatan dan pelaporan yang harus dilakukan oleh manajer klinik setiap bulannya yang dilakukan secara manual melalui microsoft excel yang terkadang terkendala hilangnya data karena terkena virus. Selain itu, pihak klinik sulit untuk mengetahui kinerja dokter dalam melakukan pelayanan perawatan. Karena pihak klinik tidak pernah melakukan perhitungan rata-rata waktu selama dokter melakukan pemeriksaan pasien. Hal ini membuat pelayanan kesehatan klinik gigi Family Dental Care kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem booking yang dapat memudahkan pihak klinik dalam mengelola proses booking. Selain itu perlu adanya sistem pelaporan yang terdiri dari pelaporan (klinis) klinik gigi yang merujuk pada rekam medis pasien. Sistem informasi pelaporan terdiri dari satu pengguna yaitu administrator, sedangkan sistem booking terdiri dari dua pengguna yaitu administrator dan pasien. Pengembangan sistem menggunakan metode prototyping dengan tahapan penelitian seperti, pengumpulan data, perancangan, pengimplementasian, dan pengujian pada sistem. Sistem ini terdiri dari beberapa fitur utama yaitu: data users, buat janji, data booking, data antrean, laporan tindakan, laporan kunjungan, laporan rata-rata waktu per perawatan, laporan rata-rata waktu per dokter. Pengujian yang dilakukan pada sistem ini yaitu pengujian alfa dan pengujian beta. Berdasarkan hasil wawancara dengan manajer klinik yaitu drg. Made sistem informasi pelaporan dan booking yang dibuat sudah memenuhi kebutuhan klinik “Family Dental Care Palagan”.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSistemen_US
dc.subjectKliniken_US
dc.subjectKlinik Family Dental Care Palaganen_US
dc.subjectSistem Bookingen_US
dc.subjectSistem Pelaporanen_US
dc.titleSISTEM INFORMASI PELAPORAN DAN BOOKING KLINIK GIGI (STUDI KASUS FAMILY DENTAL CARE PALAGAN)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record