Sistem Informasi Pelaporan Pada Kantor Kepala Desa Rejo Basuki
Abstract
Administrasi kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan, dan penerbitan
dokumen, dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan
pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik,
pemerintahan, dan pembangunan. Setiap penduduk wajib melaporkan setiap kejadian atau
peristiwa yang dialaminya seperti pindah datang, pindah keluar, kematian, dan kelahiran
kepada pemerintahan yang bertanggungjawab mengenai hal tersebut karena mempengaruhi
penerbitan atau perubahan KK, KTP, dan/atau surat keterangan kependudukan lainnya.
Salah satu kantor kepala desa yang melayani masalah administrasi kependudukan yaitu
kantor kepala desa Rejo Basuki. Kantor kepala desa ini terletak di Kecamatan Barong
Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur. Selama ini pelayanan
administrasi kependudukan yang ada di Kantor Desa Rejo Basuki masih dilakukan secara
manual. Selain itu, proses pelaporan juga masih dilakukan secara manual, sehingga waktu
yang digunakan relatif lebih lama. Oleh karena itu, untuk memudahkan proses pelayanan
administrasi kependudukan dan proses pelaporan yang ada pada kantor desa Rejo Basuki,
maka dibuatlah sebuah sistem informasi pelaporan. Sistem informasi pelaporan ini dibuat
dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database mySQL, dan menggunakan
metode prototyping.
Hasil akhir dari penelitian ini berupa sistem informasi pelaporan. Sistem ini diharapkan
mampu memudahkan petugas perangkat desa dalam menangani masalah pelaporan maupun
masalah administrasi kependudukan seperti pendaftaran penduduk, peristiwa kependudukan,
dan peristiwa penting lainnya sehingga proses pelayanan pelaporan kependudukan dan
administrasi kependudukan yang ada di kantor desa Rejo Basuki dapat berjalan dengan lebih
baik lagi.
Collections
- Informatics Engineering [2143]