PENGARUH IMPLEMENTASI SYARIAH GOVERNANCE DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh syariah governance
dan customer relationship marketing terhadap loyalitas muzakki di Yogyakarta.
Syariah governance akan di bagi menjadi enam, yaitu transparansi, akuntabilitas,
responsibilitas, kemandirian, keadilan dan syariah compliance. Sedangkan untuk
customer relationship marketing dibagi menjadi empat, yaitu kepercayaan,
komunikasi, keadilan dan customer intimacy. Populasi dalam penelitian ini
adalah muzakki (orang yang membayar zakat) pada lembaga amil zakat di
wilayah Yogyakarta minimal 2 tahun berturut-turut lamanya. Sampel penelitian
ini menggunakan metode convenience sampling dan diperoleh 200 responden.
Metode analisis mengunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa transparansi, keadilan, syariah compliance pada variabel
syariah governance berpengaruh positif dan sifgnifikan terhadap loyalitas
muzakki, sedangkan akuntabilitas, responsibilitas, kemandirian tidak berpengaruh.
Pada pengujian variabel variabel customer relationship marketing menunjukkan
bahwa kepercayaan komunikasi, customer intimacy berpengaruh positif terhadap
loyalitas muzakki sedangkan komitmen tidak berpengaruh terhadap loyalitas
muzakki.
Collections
- Master of Accountancy [222]