MODEL E-SERVICE UNTUK PELAYANAN KESEHATAN PADA PERAWATAN PASIEN DI RUMAH (HOME CARE)
Abstract
Kemudahan mendapatkan informasi layanan kesehatan merupakan harapan bagi semua orang
terutama yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Proses penyampaian informasi layanan
kesehatan dengan didukung oleh teknologi yang tepat akan semakin mempermudah mengelola
dan menyebarkan informasi kepada masyarakat. Penelitian ini membahas tentang model layanan
kesehatan (e-service) untuk pelayanan pasien di rumah. Pembuatan model menggunakan konsep
arsitektur enterprise kemudian di gambarkan dengan menggunakan konsep 3LGM (The three
layer graph-based meta model). Penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif dengan mencari
data yang bersumber dari lapangan dengan observasi dan wawancara. Validasi model dilakukan
sebanyak dua kali. Validasi pertama berfokus pada prototype aplikasi dan validasi kedua
berfokus pada perbaikan dan survei terkait manfaat dari prototype aplikasi. Jumlah responden
pada validasi tahap dua di dalam penelitian ini ada 14 responden. Hasil pengujian diperoleh
sejumlah 6 responden menyatakan setuju bahwa pembuatan aplikasi dari model dapat mengatasi
masalah sulitnya mendapatkan informasi layanan kesehatan, 7 responden setuju dapat
memastikan harga layanan, 7 sangat setuju dapat mempercepat mendapatkan layanan, 6 setuju
dapat menurunkan antrian di klinik, 6 sangat setuju dapat memudahkan mendapatkan kepastian
layanan, 7 setuju dapat memudahkan prosedur pemberian layanan, 8 sangat setuju dapat
memudahkan dalam pencarian bantuan tenaga kesehatan (perawat, bidan dan fisioterapi) terkait
dengan perawatan.