Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Paryana Puspaputra
dc.contributor.advisorDr. Taufiq Immawan, ST. MM.
dc.contributor.authorKurnia, 17916111
dc.date.accessioned2020-01-31T07:51:55Z
dc.date.available2020-01-31T07:51:55Z
dc.date.issued2019-11-23
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17809
dc.description.abstractIndustri perhiasan di Indonesia memiliki potensi dan peluang pasar yang cukup besar untuk terus berkembang. Data dari Kementerian Perindustrian tahun 2015 menunjukkan bahwa, permintaan pasar khususnya perhiasan dan aksesoris berbahan dasar logam terus meningkat setiap tahunnya. Di era yang semakin modern, masyarakat mulai beralih bertransaksi melalui online dibandingkan secara konventional. Namun sebagian besar proses pemasaran dan pembuatan perhiasan masih bertahan menggunakan cara tradisional. Kondisi ini jika terus berlanjut, akan membuat industri perhiasan mati karena tidak dapat memenuhi keinginan konsumen yang semakin beragam dengan cepat. Sebuah industri dituntut untuk terus berinovasi agar dapat mengikuti perubahan zaman dan terus bersaing. Pemanfatan teknologi rapid Manufacturing dalam konsep Mass Customization pada industri perhiasan belum banyak dilakukan. Kontradiksi yang terjadi adalah jika system dapat menyesuaikan permintaan customer maka konsumen dapat memilih produk dengan mudah namun waktu proses produksi akan semakin lama. Dengan Pemecahan masalah TRIZ, Inovasi untuk memenuhi keinginan pelanggan secara personal pada industri perhiasan menghasilkan solusi Parameter change dan Mechanical Subtitution. Model Kano akan menentukan atribut mana yang diprioritaskan untuk mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk perhiasan. Konsep Mass Customization dapat diimplementasikan jika, system pada Industri Perhiasan sudah terintregasi mulai Data Desain, Proses Manufaktur dan hingga Configurator produk dengan baik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectJewelryen_US
dc.subjectTrizen_US
dc.subjectKanoen_US
dc.subjectMass customizationen_US
dc.titleIMPLEMENTASI KONSEP KUSTOMISASI MASSAL PADA PROSES MANUFAKTUR PRODUK PERHIASANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record