IMPLEMENTASI NILAI ETNOEKOLOGI DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA PADA LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI MAN 2 KULON PROGO
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bumi yang semakin tua, manusia yang semakin tidak ramah dengan bumi. Perilaku ini tidak dapat terus menerus dibiarkan, maka pendidikan dinilai menjadi solusi, melalui Program Adiwiyata di Sekolah Adiwiyata diadakan. Namun, banyakanya Sekolah Adiwiyata belum tentu sukses menyelenggarakan Program Adiwiyata hingga tahap mengimplementasikan nilai-nilai lingkungan (etnoekologi) dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif berlokasi di MAN 2 Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberiakan makna terhadap data yang dikumpulkan kemudian peneliti menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meski belum semua siswa mengimplementasikan dalam diri, namun itu hanyalah oknum. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa implementasi nilai etnoekologi pada diri siswa-siswi yang dilaksanakan MAN 2 Kulon Progo berhasil. Melalui strategi sosialisasi, pengajaran dan penguatan lingkungan melalui kegiatan-kegiatan adiwiyata dan gerakan cinta lingkungan yang dilaksanakan dapat menghasilkan siswa-siswi yang memiliki kebijaksanaan, kemandirian, kreatif, serta budaya hidup sehat.