PRAKTEK BISNIS PRODUK APLIKASI “KAWAN MESSENGER”
Abstract
Kawan Messenger merupakan sebuah inovasi produk aplikasi smartphone yang
menggabungkan dua konsep aplikasi, yakni aplikasi chatting/messenger dan aplikasi
marketplace. Konsep 2 in 1 yang ditawarkan oleh aplikasi Kawan Messenger menjadi
selling-point dari produk ini. Aplikasi Kawan Messenger dibangun sepenuhnya di
Indonesia oleh sumber daya manusia yang keseluruhannya juga berasal dari Indonesia.
Semangat awal yang mendasari terciptanya konsep aplikasi messenger ini adalah untuk
mengangkat ekonomi kerakyatan. Melalui aplikasi messenger ini, setiap pengguna
dapat saling bisa memberikan informasi tentang produk jualan mereka dengan
mengupload pada kolom status. Konsep ini diterapkan supaya setiap pengguna aplikasi
messenger ini dapat melakukan penawaran produk tanpa harus membuat pihak lain
merasa terganggu. Namun dalam proses pemasarannya, produk aplikasi ini tidak bisa
diproyeksikan akan langsung memperoleh keuntungan di tahun-tahun pertama
peluncuran.
Sebagai produk startup yang baru dikenalkan ke pasar, aplikasi Kawan
Messenger memfokuskan untuk meningkatkan komunikasi promosi di tahap awal.
Sejak satu tahun pertama publikasi dan sosialisasi aplikasi Kawan Messenger
dijalankan, respon yang diberikan oleh masyarakat cukup positif. Namun mereka
mengeluhkan masih sedikitnya jumlah pengguna dan belum adanya program promo
yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Dengan demikian anggaran promosi untuk menarik
perhatian pasar mutlak diperlukan. Maka proyeksi jangka pendek dari produk aplikasi
Kawan Messenger adalah mencari sumber pendanaan seoptimal mungkin untuk
merealisasikan strategi komunikasi promosi sehingga kedepannya bisa mendapatkan
loyalitas pasar.
Collections
- Master of Management [408]