PERSEPSI KEASLIAN, EKUITAS MEREK, DAN NIAT PILIHAN MEREK DI RESTORAN ETNIS (STUDI KASUS RESTORAN ETNIS JAWA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
Abstract
Penelitian ini menguji hubungan antara persepsi keaslian konsumen dan empat dimensi ekuitas merek (kesadaran merek, citra merek, persepsi kualitas, loyalitas merek), serta bagaimana keempat dimensi ini saling terkait satu sama lain. Studi ini juga meneliti dampak ekuitas merek pada niat pilihan merek konsumen untuk restoran etnis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 227 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner, yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis model persamaan struktural (SEM). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi keaslian konsumen merupakan elemen penting untuk kesadaran merek, citra merek, dan persepsi kualitas. Namun kesadaran merek, citra merek dan persepsi kualitas ditemukan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas merek yang menjadi pengganti dari ekuitas merek. Selain itu, penelitian ini juga menemukan pengaruh yang signifikan terhadap niat pilihan merek konsumen. Untuk impilkasi manajerial, penelitian ini mengungkap kebutuhan bagi manajer untuk menerapkan strategi yang tepat guna mencapai competitive advantage agar mampu memenangkan persaingan dalam dunia bisnis.
Collections
- Master of Management [409]