dc.description.abstract | Pada dasarnya penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena selama proses
pembelajaran di sekolah, sering ditemukan berbagai macam grup/kelompok siswa
yang menonjol dibeberapa bidang seperti bidang akademik, olahraga, seni dan
sebagainya. Penulis mencoba mengungkap bagaimana interaksi teman sebaya
siswa dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil belajar berkaitan dengan dua
komponen penting yaitu kondisi internal dan kondisi eksternal siswa. Interaksi
teman sebaya merupakan salah satu faktor eksternal siswa yang yang bisa
mempengaruhi hasil belajarnya. Berdasarkan penjelasan tersebut, seharusnya
ketika siswa memiliki tingkat interaksi teman sebaya yang tinggi makamemiliki
tingkat hasil belajar yang tinggi pula, dan begitu pula sebaliknya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat interaksi teman sebaya dan hasil belajar, serta
untuk mengukur seberapa besar pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil
belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI MAN 4 Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN 4 Sleman. Pengambilan data
menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data
penelitian menggunakan angket (kuesioner) yang sudah teruji vaiditas dan
reliabilitasnya. Metode analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana
dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara kedua variabel interaksi teman sebaya (X) terhadap hasil belajar (Y). Hal
ini telah dibuktikan dalam perhitungan dari hasil analisis menggunakan uji regresi
linear sederhana bahwa hasil signifikansi 2-tailed (Sig. 2-tailed) sebesar 0,026 <
0,05. selain itu juga, diperoleh tingkat interaksi teman sebaya berada dalam
kategori sedang sebesar 78,9%. Sedangkan hasil tingkat hasil belajar pun berada
dalam kategori sedang sebesar 63,2%. Selain itu juga, diperoleh tingkat pengaruh
interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar sebesar 12,9% yang telah dibuktikan
dengan hasil perhitungan analisis dengan nilai R Square sebesar (0,129). | en_US |