Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. Imam Mujiono, M.Ag
dc.contributor.authorSyamsiyah, 15422041
dc.date.accessioned2020-01-29T07:11:16Z
dc.date.available2020-01-29T07:11:16Z
dc.date.issued2019-11-07
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17647
dc.description.abstractPada dasarnya penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena selama proses pembelajaran di sekolah, sering ditemukan berbagai macam grup/kelompok siswa yang menonjol dibeberapa bidang seperti bidang akademik, olahraga, seni dan sebagainya. Penulis mencoba mengungkap bagaimana interaksi teman sebaya siswa dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil belajar berkaitan dengan dua komponen penting yaitu kondisi internal dan kondisi eksternal siswa. Interaksi teman sebaya merupakan salah satu faktor eksternal siswa yang yang bisa mempengaruhi hasil belajarnya. Berdasarkan penjelasan tersebut, seharusnya ketika siswa memiliki tingkat interaksi teman sebaya yang tinggi makamemiliki tingkat hasil belajar yang tinggi pula, dan begitu pula sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat interaksi teman sebaya dan hasil belajar, serta untuk mengukur seberapa besar pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI MAN 4 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN 4 Sleman. Pengambilan data menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan angket (kuesioner) yang sudah teruji vaiditas dan reliabilitasnya. Metode analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua variabel interaksi teman sebaya (X) terhadap hasil belajar (Y). Hal ini telah dibuktikan dalam perhitungan dari hasil analisis menggunakan uji regresi linear sederhana bahwa hasil signifikansi 2-tailed (Sig. 2-tailed) sebesar 0,026 < 0,05. selain itu juga, diperoleh tingkat interaksi teman sebaya berada dalam kategori sedang sebesar 78,9%. Sedangkan hasil tingkat hasil belajar pun berada dalam kategori sedang sebesar 63,2%. Selain itu juga, diperoleh tingkat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar sebesar 12,9% yang telah dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis dengan nilai R Square sebesar (0,129).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectInteraksi Teman Sebayaen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PEAJARAN FIQIH SISWA KELAS XI MAN 4 SLEMANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record