Show simple item record

dc.contributor.advisorMuzayin Nazaruddin.S.Sos.,MA
dc.contributor.authorSORLIHAH POHLEH, 15321205
dc.date.accessioned2020-01-28T02:42:21Z
dc.date.available2020-01-28T02:42:21Z
dc.date.issued2019-08-15
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17523
dc.description.abstractJumlah mahasiswa Thailand yang menuntut ilmu di Indonesia semakin meningkat. Mereka mengadakan berbagai aktivitas dan membentuk perkumpulan untuk membantu mahasiswa baru asal Thailand untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, budaya baru, dan orang-orang baru. Perkembangan media juga mempengaruhi mereka untuk berwisata di Indonesia. Mahasiswa yang tertarik untuk mengeksplor wisata di Indonesia memiliki perkumpulan khusus, dimana perkumulan ini mengadakan fun trip seperti jalan-jalan, makan bersama, mengadakan sport games dan lain-lain sebagainya. Banyaknya mahasiswa Thailand yang berkunjung ke tempat wisata yang ada di Indonesia, pada akhirnya membuat mereka merepresentasikan tempat wisata yang mereka kunjungi melalui akun facebook. Dengan adanya berbagai perkumpulan mahasiswa Thailand, penelitian ini memfokuskan kepada suatu organisasi yang bernama SANTAI atau TSAMY (Thai Students Association Of Muhammadiyah Yogyakarta). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa Thailand merepresentasikan ruang/destinasi dan mengkategorisasikan pengalaman wisata di Indonesia melalui akun facebook mereka. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan analisis isi kuantitatif, dipadu dengan interpretasi kualitatif. Data penelitian berupa status di facebook, selama bulan September periode 2017 hingga bulan September periode 2018, dari 5 anggota SANTAI, yaitu Khalid Waebuesa, Afnan Hasanee, Abdulhakeem Hayeechema, Najihah Kaseim dan Murnee Musigsin. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Thailand merepresentasikan tempat-tempat wisata di akun facebook dengan menggunakan foto dan narasi sebanyak 82% postingan dalam status facebook mereka sendiri, dibanding dengan mengupload video dan lain-lain. Postingan foto serta narasi yang disebut berdasarkan diri (self) sebagai subjek utama dan tempat wisata(lanscape) sebagai subjek kedua. Dalam konteks ini tempat wisata yang paling banyak dikunjungi adalah tempat wisata lanscape pegunungan dan perairan. Hal itu bisa dipahami ketika kita mengaitkan dengan pengalaman wisata yang paling banyak adalah pengalaman rekreasional, yaitu berkaitan dengan kebutuhan untuk memperoleh relaksasi atau jeda dari penatnya perkuliahan yang mereka jalani. Perasaan terhibur atau relaksasi itu mereka peroleh dengan kehadiran diri di tempat wisata di Indonesia yang sudah populer di media sosial, berfoto, mengunggahnya di media sosial serta memperoleh pengakuan orang lain atas kehadirang diri tersebut.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMahasiswa Thailanden_US
dc.subjectRepresentasien_US
dc.subjectFacebooken_US
dc.subjectAnalisis isien_US
dc.titleREPRESENTASI TEMPAT WISATA DI INDONESIA OLEH MAHASISWA THAILANDen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record