Show simple item record

dc.contributor.advisorSri Indrawati S.T., M.Eng
dc.contributor.authorOktriniviaji Nurmuliati, 15 522 079
dc.date.accessioned2020-01-23T06:46:42Z
dc.date.available2020-01-23T06:46:42Z
dc.date.issued2019-09-10
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17383
dc.description.abstractSektor industri merupakan salah satu mata pencaharian yang sedang berkembang, baik manufaktur ataupun jasa. Pada tahun 2012 muncul perusahaan makanan yang dikenal dengan nama Koki Joni. Munculnya Koki Joni dikarenakan pemilik ingin membuat restoran yang menjual pasta sekaligus daging kalkun di Yogyakarta. Persaingan dalam industri kuliner pun menuntut pelaku bisnis untuk melakukan bersaing dengan mengunggulkan produknya masing-masing serta mendapatkan pelanggan tetap. Oleh karena itu, penting bagi Koki Joni untuk meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga pelanggan merasa nyaman. Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas adalah konsep Lean Service dimana lean service dapat digunakan untuk memperbaiki proses bisnis perusahaan agar proses menjadi cepat sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pesananannya. Pada konsep Lean Service ini digabungkan dengan DMAIC Six Sigma untuk menganalisis dari waktu proses bisnis. Pada penelitian ini, Value stream mapping digunakan untuk memberikan gambaran mengenai sistem dan aliran nilai pada aktivitas Koki Joni serta memetakan kegiatan yang termasuk kedalam value added, non value added, dan necessary non value added. Dari hasil pengamatan, didapatkan bahwa terdapat 36,71% kegiatan value added, 0,18% kegiatan non value added, dan 63,11% kegiatan necessary non value added. Berdasarkan perhitungan menggunakan metode borda dan diagram fishbone, terdapat waste yang terjadi pada Koki Joni yaitu waste delay, dimana penyebab dari waste delay yaitu adanya pegawai yang tidak fokus ketika sedang menjalankan pekerjannya. Adapun usulan perbaikan yang diberikan berdasarkan analisis penyebab pemborosan yaitu adanya pelatihan karyawan, pembuatan SOP, perencanaan inventory yang tepat dengan melakukan pendataan bahan baku yang dibutuhkan setiap harinya, serta pengecekan secara berkala pada kompor dan gas.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectIndustri Kulineren_US
dc.subjectLean Serviceen_US
dc.subjectValue Stream Mappingen_US
dc.subjectBordaen_US
dc.subjectDiagram fishboneen_US
dc.titleANALISIS WASTE MENGGUNAKAN LEAN SERVICE UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU DI RESTORAN (Studi Kasus: Koki Joni Cabang Terban)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record