PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN METODE CERAMAH TENTANG ASI EKSKLUSIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU HAMIL DI KECAMATAN KARTASURA
Date
2019-10-24Author
Betty Rahayuningsih, Faizah
Ninda Arofah, Rohmah
Metadata
Show full item recordAbstract
Latar Belakang: Banyak ibu yang bekerja sehingga tidak bisa untuk
memberikas ASI secara eksklusif kepada bayinya. Penelitian ini untuk mengetahui
perbedaan tingkat pengetahuan ibu hamil dengan pendidikan kesehatan tentang ASI
eksklusif pada kelompok eksperimen menggunakan metode numbered head
together dan pada kelompok kontrol menggunakan metode ceramah. Model
Penelitian: jenis penelitian quasi experimental, analisis kuantitatif dengan
rancangan non equivalent control group design. Besar sampel pada kelompok
eksperimen adalah 44, pada kelompok kontrol berjumlah 37 orang ibu hamil.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sesuai dengan
kriteria inklusi dan eksklusi. Pengetahuan responden diukur menggunakan
kuesioner yang tervalidasi sebanyak 24 pertanyaan. Hasil: Berdasarkan data
karakteristik responden kelompok eksperimen maupun kontrol menunjukkan
responden mayoritas berusia 19-28 tahun, bekerja sebagai ibu rumah tangga dan
berpendidikan SLTA. Terdapat peningkatan pengetahuan setelah dilakukan
Pendidikan kesehatan pada kelompok eksperimen. Tingkat pengetahuan kelompok
kontrol terjadi peningkatan setelah dilakukan pendidikan kesehatan. Metode NHT
lebih efektif dalam meningkatakna tingkat pengetahuan dibandingkan dengan
metode ceramah. Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan antara kelompok kontrol
dan kelompok eksperimen