Show simple item record

dc.contributor.authorBetty Rahayuningsih, Faizah
dc.contributor.authorNinda Arofah, Rohmah
dc.date.accessioned2020-01-23T04:57:06Z
dc.date.available2020-01-23T04:57:06Z
dc.date.issued2019-10-24
dc.identifier.isbn978-602-6215-79-6
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/17369
dc.description.abstractLatar Belakang: Banyak ibu yang bekerja sehingga tidak bisa untuk memberikas ASI secara eksklusif kepada bayinya. Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan ibu hamil dengan pendidikan kesehatan tentang ASI eksklusif pada kelompok eksperimen menggunakan metode numbered head together dan pada kelompok kontrol menggunakan metode ceramah. Model Penelitian: jenis penelitian quasi experimental, analisis kuantitatif dengan rancangan non equivalent control group design. Besar sampel pada kelompok eksperimen adalah 44, pada kelompok kontrol berjumlah 37 orang ibu hamil. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Pengetahuan responden diukur menggunakan kuesioner yang tervalidasi sebanyak 24 pertanyaan. Hasil: Berdasarkan data karakteristik responden kelompok eksperimen maupun kontrol menunjukkan responden mayoritas berusia 19-28 tahun, bekerja sebagai ibu rumah tangga dan berpendidikan SLTA. Terdapat peningkatan pengetahuan setelah dilakukan Pendidikan kesehatan pada kelompok eksperimen. Tingkat pengetahuan kelompok kontrol terjadi peningkatan setelah dilakukan pendidikan kesehatan. Metode NHT lebih efektif dalam meningkatakna tingkat pengetahuan dibandingkan dengan metode ceramah. Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimenen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectNumbered Head Together; Pengetahuan; ASIeksklusif.en_US
dc.titlePENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN METODE CERAMAH TENTANG ASI EKSKLUSIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU HAMIL DI KECAMATAN KARTASURAen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record