ANALISA SWOT SEBAGAI DASAR PENETAPAN STRATEGI PEMASARAN DI UKM “X”
Abstract
Usaha kecil dan menengah (UKM) “X” merupakan industri kecil yang
bergerak di bidang konveksi pakaian jadi. Salah satu permasalahan yang ada di
UKM “X” adalah pemasaran produk yang belum luas jangkauannya, sehingga
dilakukan upaya untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Upaya untuk
meningkatkan pemasaran produk tidaklah mudah karena harus memiliki strategi
bersaing yang tepat. Perkembangan yang cepat dan tantangan dari industri 4.0 dapat
menjadikan peluang sekaligus menjadi ancaman bagi seorang pengusaha. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan
dalam UKM "X". Untuk mencapai tujuan ini, dilakukan identifikasi, menilai faktorfaktor
internal dan eksternal yang mempengaruhi IKM, menggunakan metode
Analisis SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, Ancaman). Analisis SWOT
digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan
yang dimiliki UKM “X”. Penelitian dilakukan dengan metode survey dan
wawancara terhadap pemilik dan karyawan UKM “X”. Faktor-faktor internal dan
eksternal UKM merupakan variabel mandiri yang saling menjelaskan dan
mempengaruhi variabel lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi
pemasaran yang tepat untuk dilakukan oleh UKM “X” adalah dengan melakukan
pemasaran secara online serta memberikan beberapa rekomendasi untuk mengatasi
berbagai kekurangan dalam menjalankan pemasaran secara online di UKM “X”.