PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN X SLEMAN
Date
2019-10-24Author
Trimulyaningsih, Nita
Pengkuh Wedhono Jati, Muhammad
Nuraida, Rieny
Metadata
Show full item recordAbstract
Sebagai masyarakat yang mayoritas beragama Islam, masyarakat Indonesia
berupaya menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini. Penanaman nilai keagamaan dapat
dapat dilaksanakan dalam institusi pendidikan Al-Qur’an. Salah satu institusi yang
diselenggarakan oleh masyarakat Sleman dalam mengajarkan nilai-nilai keagamaan adalah
PPQ X. dalam penyelenggaraannya, PPQ X mengalami beberapa kendala. Hal ini
dikarenakan dalam penyelenggaraannya, PPQ X kurang terorganisir dengan baik sehingga
proses belajar mengajar dirasa belum optimal. Permasalahan PPQ X bersifat komprehensif,
maka diperlukan sebuah program yang bersifat komprehensif dan terpadu pada sistem
institusi PPQ X yang melibatkan pengelola institusi. Adapun permasalahan ini dilihat oleh
peneliti dapat diselesaikan dengan sebuah pendekatan menyeluruh sistemik partisipatif
yang disebut dengan riset aksi. Riset aksi adalah penelitian yang berusaha untuk
menyatukan antara aksi dan refleksi, teori dan praktik, yang melibatkan partisipasi pihak
lain, yang bertujuan untuk mendapatkan solusi praktis atas sebuah isu tertentu demi
perkembangan individu dan komunitas. Peneliti melaksanakan tahapan demi tahapan yang
dijabarkan dalam riset aksi. Terdapat empat program antara lain: peningkatan proses
pembelajaran santri dengan pembelian sarana dan prasarana belajar santri, program
pembelian seragam yang berfungsi untuk meningkatkan minat santri untuk hadir mengaji
di PPQ, upaya peningkatan kompetensi ustadz/ah dengan mengikutsertakan pengajar dalam
pelatihan dan kuliah ustadz, serta memperbaiki kurikulum PPQ. Dalam implementasinya,
pelaksanaan program ini bersifat fleksibel, serta dengan partisipasi dan inisiatif dari
pengelola. Peran peneliti dalam implementasi program adalah sebagai fasilitator yang
memediatori diskusi, serta memberikan dukungan dalam keikutsertaan pengelola dalam
program-program yang ada. Program dan relevansi serta evaluasi didiskusikan secara lebih
lanjut dalam naskah artikel.