Analisis Faktor -Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada Perusahaan Go Publik di Bursa Efek Jakarta (Tahun 2001-2003)
Abstract
Penelitian ini bertujuan meneliti faktor-faktor yang diperkirakan menjadi penyebab underpricing. Faktor-faktor yang diperkirakan tersebut adalah reputasi underwriter, reputasi auditor, persentase kepemilikan saham, dan umur perusahaan.
Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang go public di Bursa Efek Jakarta dari tahun 2001 sampai dengan tahun 2003 dan mengalami underpricing. Jumlah sampel yang mernenuhi kriteria tersebut ada 48 perusahaan. Hipotesis diuji dengan model regresi berganda.
Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap 48 sampel perusahaan, menunjukkan bahwa semua independen variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap underpricing dengan tingkat signifikan 5%. Jika dilihat secara parsial hanya ada 1 variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu reputasi underwriter.
Collections
- Akuntansi [4660]