Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. H. Ahmad Darmadji, M.Pd
dc.contributor.authorNur Laili Mustaqimah, 17913037
dc.date.accessioned2020-01-09T06:06:10Z
dc.date.available2020-01-09T06:06:10Z
dc.date.issued2019-09-19
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17020
dc.description.abstractPenelitian ini mengangkat tema tentang pengaruh model cooperative dan contextual learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar peserta didik di SD Negeri Gununpring 1 Muntilan. Alasan meneliti ini adalah untuk mengetahui seberapa besar model cooperative dan contextual learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar peserta didik. Rumusan masalahnya yaitu seberapa besar pengaruh model cooperative dan contextual learning dalam pendidikan agama islam terhadap hasil belajar peserta didik. Subjek penelitiannya adalah peserta didik di SD Negeri Gunungpring 1 Muntilan kelas V dan IV tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sehingga dalam pengambilan data menggunakan metode angket. Untuk menentukan jumlah sampel, digunakan teknik multi stage sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 80 peserta didik. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana yang diolah dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 21 for windows. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) Cooperative Learning menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,515 ada pengaruh model cooperative learning secara parsial berpengaruh positif dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar peserta didik karena nilai signifikansi 0,001 (0,001 < 0,05), (2) model contextual learning menunjukkan nilai t hitung sebesar 2,385 secara parsial berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan agama islam karena nilai signifikansi 0,020 (0,020 < 0,05), sedangkan (3) pada pengaruh model cooperative dan contextual learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 45,6 % yang ditunjukkan dengan harga F hitung sebesar 32, 282 dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan harga t hitung variabel cooperative learning sebesar 3,515 dan contextual learning sebesar 2,385. Adapun 54,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectModel Cooperativeen_US
dc.subjectContekstual Learningen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH MODEL COOPERATIVE DAN CONTEXTUAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI GUNUNGPRING 1 MUNTILAN JAWA TENGAHen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record