ANALISIS DAN USULAN STRATEGI BISNIS DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DALAM PERSAINGAN BISNIS
Abstract
Blue ocean strategy merupakan suatu ruang pasar baru yang tidak ketat dengan unsur
persaingan. Blue ocean ditandai oleh ruang pasar yang belum terjelajahi, adanya
penciptaan permintaan, dan peluang pertumbuhan yang sangat menguntungkan. Blue
ocean tidak menggunakan kompetisi sebagai patokan dalam menciptakan suatu
strategi, melainkan menjadikan kompetisi tersebut tidak relevan dengan menciptakan
suatu lompatan nilai bagi pembeli dan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui posisi dalam diagram analisis S.W.O.T dan untuk merumuskan blue ocean
strategy yang dapat menjadi alternatif untuk pengembangan usaha Kafe Balarea Kopi.
Dari hasil penelitian ini Kafe balarea kopi berada di kuadran 3 yang artinya
perusahaan menghadapi peluang pasar yang besar akan tetapi juga menghadapi
kendala kelemahan internal, sehingga perlunya untuk dilakukan perubahan strategi
untuk keluar dari persaingan. Berdasarkan kerangka kerja empat langkah yaitu
menciptakan kopi colbrew, dimaksudkan supaya kopi bisa dijual diluar kafe dan
bertahan lama. Pengadaan live musik untuk membuat suasana lebih hangat dan hidup,
fasilitas pendukung untuk menghilangkan kejenuhan dari konsumen saat menunggu
persanan datang dan promosi melalui sosial media.
Collections
- Industrial Engineering [2224]