Show simple item record

dc.contributor.advisorEdi Safitri, S.Ag., M.S.I.
dc.contributor.authorAmallia Abbas, 15422162
dc.date.accessioned2020-01-03T06:37:34Z
dc.date.available2020-01-03T06:37:34Z
dc.date.issued2019-09-23
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/16827
dc.description.abstractFokus dan pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Kristen Penabur Purworejo, 2) Apa saja kendala – kendala yang dihadapi selama mengimplementasikan model pembelajaran TGT, 3) Bagaimana dampak implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data yang kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis model interaktif dari Miles dan Hiberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang ditemukan dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Kristen Penabur Purworejo, telah dilakukan di tahun ajaran 2018/2019. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Kristen Penabur Purworejo sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru dan juga sesuai dengan model pembelajaran Team Games Tournament menurut teori Slavin, yaitu meliputi : presensi kelas, belajar tim, dan turnamen berupa permainan. Selain itu terdapat beberapa kendala dalam penerapan model TGT ini, yaitu antara lain kendala pada waktu dan pada peserta didik. Namun, model pembelajaran ini memiliki dampak yang positif juga untuk peserta didik, diantaranya yaitu peserta didik menjadi lebih aktif, mandiri, memiliki rasa tanggung jawab dan persaingan sehat. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan untuk pengembangan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan sehingga pembelajaran dapat bermakna bagi peserta didik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectTeam Games Tournament (TGT)en_US
dc.titleIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK KRISTEN PENABUR PURWOREJO IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK KRISTEN PENABUR PURWOREJOen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record