Pengaruh Minat Baca Dan Gaya Belajar Terhadap Keaktifan Bertanya Di Dalam Kelas Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2015 Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya keaktifan mahasiswa dalam
bertanya didalam kelas. Masih banyak mahasiswa yang masih pasif di dalam kelas
hanya datang masuk kelas sekedar duduk dan mendengarkan penjelasan dari
dosen tidak berperan aktif. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mahasiswa
tidak aktif bertanya didalam kelas dari berbagai ragam faktor itu, ada dua faktor
yang penulis ambil dalam penelitian yaitu faktor minat baca dan gaya belajar.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan mengetahui
pengaruh Minat Baca dan Gaya Belajar terhadap keaktifan bertanya di dalam
kelas mahasiswa prodi pendidikan agama islam Universitas Islam Indonesia.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Agama Islam Angkatan 2015. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan dengan menggunakan metode angket. Pada angket bagian awal
merupakan terkait tentang minat baca. Kemudian bagian kedua merupakan terkait
tentang gaya belajar. Kemudian pada bagian ketiga merupakan terkait tentang
keaktikan bertanya. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah
analasis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM Statistic 25.
Berdasarkan penelitian ini, didapatkan hasil yang menunjukan bahwa
adanya pengaruh yang signifikan antara minat baca dan gaya belajar terhadap
keaktifan bertanya didalam kelas mahasiswa prodi pendidikan agama islam
Universitas Islam Indonesia. .Hal ini dapat dilihat dari koefisien determinasi
sebesar 77,6%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh signifikan
yang cukup besar.
Collections
- Islamic Education [864]