Dampak Program Tasmī’ul Qur’ān Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’ān Dan Prestasi Akademik Hafidz-hafidzah Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena bahwa praktik
menghafalkan Al-Qur’ān terkhusus menjaga hafalan Al-Qur’ān dengan status
menjadi mahasiswa bukan sesuatu yang mudah sehingga banyak hafidz UII yang
mengeluhkan keadaan hafalan Al-Qur’ān semenjak menjadi mahasiswa. Sulitnya
menjaga hafalan Al-Qur’ān memicu munculnya program Tasmī’ul Qur’ān yang
ada dilembaga HAWASI UII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak
pelaksanaan program Tasmī’ul Qur’ān HAWASI terhadap kualitas hafalan AlQur’ān
hafidz
Universitas
Islam
Indonesia
dan
mengetahui
keadaan
index
prestasi
akademik
mahasiswa
hafidz
Universitas
Islam
Indonesia.
Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Informan dalam penelitian ini
terdiri dari ketua Direktorat Kemahasiswaan UII, Kepala bagian Tasmī’ul Qur’ān
dari DPPAI, Ketua lembaga HAWASI dan koordinator dari Tasmī’ul Qur’ān
Qur’an serta mahasiswa Hafidz/zah yang merupakan peserta kegiatan Tasmī’ul
Qur’ān HAWASI UII. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan
Purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara,
observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak pelaksanaan progam Tasmī’ul
Qur’ān HAWASI terhadap kualitas hafalan yang dimiliki oleh Hafidz/zah
Universitas Islam Indonesia sangat positif dalam menjaga hafalan Al-Qur’ān
mahasiswa untuk terus terjaga, sehingga mahasiswa bisa meningkatkan kualitas
hafalannya secara perlahan-lahan untuk lebih baik. Dalam penelitian ini angka
index prestasi akademik mahasiswa para hafidz UII menunjukan bahwa mereka
memiliki prestasi akademik baik, dengan angka diatas rata-rata yang di berikan
direktorat kemahasisswaan UII yaitu 2,75.
Collections
- Islamic Education [861]