Pemenuhan Hak Konsumen Atas Jaminan Kelancaran Dan Kelayakan Pengiriman Brang Pada J&T Express Kota Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan konsumen atas jaminan
kelancaran dan kelaykan dalam pelaksanaan pengiriman paket barang di J&T
Express. Rumusan Masalah yang diajukan yaitu : Bagaimana pemenuhan hak
konsumen atas jaminan kelancaran dan kelayakan pengiriman paket barang pada
J&T Express?; Bagaimana tanggung jawab J&T Express dalam pelaksanaan
pengiriman barang dengan lancar dan layak?. Penelitian ini termasuk penelitian
normatif empiris. Bahan hukum penelitian ini dikumpulkan dengan cara studi
pustaka dan wawancara kepada responden yaitu Pihak perusahaan J&T Express
cabang Kota Yogyakarta dan konsumen. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan perundang-undangan dan sosiolegal, yaitu menelaah semua UndangUndang dan regulasi yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti, kemudian
dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif untuk merumuskan kesimpulan dari
rumusan masalah dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa, perlindungan konsumen atas jaminan kelancaran dan kelayakan pengiriman
barang pada J&T Express masih lemah. Perusahaan lambat dalam menangani
pelayanan pengaduan berupa keluhan atau klaim dari konsumen atas kerusakan dan
hilangnya paket barang. Selain itu, tanggung jawab J&T Express dalam
pelaksanaan pengiriman barang dengan lancar dan layak tidak dipenuhi. Akibat
kerugian yang ditimbulkan, Perusahaan J&T Express hanya memberikan tanggung
jawab berapa persen dari kerugian yang dialami konsumen. Besarnya ganti rugi
yang diberikan perusahaan kepada konsumen nilainya tidak sepadan / setara atau
sesuai dengan kerugian yang dialami konsumen, sehingga perusahaan tidak
bertanggung jawab sepenuhnya atas kerugian yang timbul.
Collections
- Law [2307]