PENERAPAN PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE SKILL PADA SISTEM MONTESSORI DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (Studi Komparasi Di Safa Islamic Pre-school Yogyakarta dan Wonderbreed Montessori School Yogyakarta)
Abstract
Anak usia dini pada umumnya menunjukkan sikap manja dan memiliki
ketergantungan yang tinggi pada orang dewasa. Namun di lingkungan sekolah
Montessori anak mampu menunjukkan sikap yang relatif mandiri kecuali dalam
hal-hal tertentu yang belum saatnya untuk anak melakukannya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan proses penerapan
pembelajaran practical life skill pada sistem Montessori dalam mengembangkan
kemandirian anak usia dini. disamping itu juga bermaksud untuk mengetahui
persaaman dan perbedaan tingkat kemandirian anak antara Safa Islamic Preschool
Yogyakarta
dan
Wonderbreed
Montessori
School
Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan sifat penelitiannya
deskriptif. Objek penelitian ini adalah proses penerapan pembelajaran practical
life, output yang dihasilkan. Teknik dalam menentukan subjek penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah data colection (pengumpulan data), data reduction (reduksi
data), data display (penyajian data), dan conclusion.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada persamaan dan perbedaan terkait penerapan
practical life skill di kedua sekolah. Persamaannya diantaranya terkait jenis
aktivitas, penyediaan apparatus, metode pembiasaan dan pola asuh permisif.
Sedangkan perbedaannya terletak pada kurikulum, jadwal, metode pembelajaran,
pembagian kelas, aturan dasar, prepared environment, apparatus, panduan
penggunaan apparatus, dan solusi. Dalam hal tingkat kemandirian anak kedua
sekolah menunjukkan persamaan.
Collections
- Islamic Law [654]