Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. Imam Mudjiono, M.Ag
dc.contributor.authorWulan Ramadhany, 15422035
dc.date.accessioned2019-12-11T04:27:43Z
dc.date.available2019-12-11T04:27:43Z
dc.date.issued2019-09-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/16737
dc.description.abstractAnak usia dini pada umumnya menunjukkan sikap manja dan memiliki ketergantungan yang tinggi pada orang dewasa. Namun di lingkungan sekolah Montessori anak mampu menunjukkan sikap yang relatif mandiri kecuali dalam hal-hal tertentu yang belum saatnya untuk anak melakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan proses penerapan pembelajaran practical life skill pada sistem Montessori dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini. disamping itu juga bermaksud untuk mengetahui persaaman dan perbedaan tingkat kemandirian anak antara Safa Islamic Preschool Yogyakarta dan Wonderbreed Montessori School Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan sifat penelitiannya deskriptif. Objek penelitian ini adalah proses penerapan pembelajaran practical life, output yang dihasilkan. Teknik dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data colection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan ada persamaan dan perbedaan terkait penerapan practical life skill di kedua sekolah. Persamaannya diantaranya terkait jenis aktivitas, penyediaan apparatus, metode pembiasaan dan pola asuh permisif. Sedangkan perbedaannya terletak pada kurikulum, jadwal, metode pembelajaran, pembagian kelas, aturan dasar, prepared environment, apparatus, panduan penggunaan apparatus, dan solusi. Dalam hal tingkat kemandirian anak kedua sekolah menunjukkan persamaan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpractical lifeen_US
dc.subjectkemandirian anak usia dinien_US
dc.subjectMontessorien_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE SKILL PADA SISTEM MONTESSORI DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (Studi Komparasi Di Safa Islamic Pre-school Yogyakarta dan Wonderbreed Montessori School Yogyakarta)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record