KONSEP PENGEMBANGAN AKHLAK PESERTA DIDIK MENURUT PEMIKIRAN AZ-ZARNUJI DAN TRANSFORMASINYA DI MADRASAH ALIYAH PUTRI ALI MAKSUM KRAPYAK KULON PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan pendidikan yang harus ditempuh bagi setiap
orang. Pendidikan akhlak seharusmya bisa mencetak anak-anak bangsa yang
unggul dalam intelektual, emosional, dan spiritual. Pada dasarnya segala aspek
pendidikan sangat penting, namun disini lebih ditekankan pada pendidikan
pengembangan akhlak. Permasalahan dari penelitian ini adalah menurunnya
akhlak peserta didik, terutama ketika berinteraksi dengan guru, oleh karena itu
penulis akan mencoba mencari dari konsep akhlak menurut Az-Zarnuji, kemudian
transformasinya pada di Madrasah Aliyah Putri Ali Maksum.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini berupa
pengembangan akhlak menurut pemikiran Az-Zarnuji dan transformasinya di
Madrasah Aliyah Putri Ali Maksum. Teknik dalam pengumpulan data penelitian
ini menggunakan studi kepustakaan, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menujukkan, bahwa 1) konsep akhlak menurut
pemikiran Az-Zarnuji terdapat beberapa kategori yaitu akhlak kepada Allah SWT,
akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada guru, akhlak pada teman, dan akhlak
pada ilmu. 2) transformasinya di Madrasah Aliyah Putri Ali Maksum, bahwa
konsep pengembangan akhlak terdapat banyak perbedaan pengembangan,
terutama pada metode yang digunakan karena pendidikan sekarang ini berada
pada era teknologi maka perlu adanya penggunaan metode yang dapat
mengembangkan akhlak peserta didik, seperti yang diterapkan di Madrasah
Aliyah Ali Maksum yaitu dengan menggunakan metode studi kasus dan
mujahadah
Collections
- Islamic Law [646]