Analisis Konsep Nation Branding: Studi Kasus Penyelenggaraan Olimpiade Rio De Janeiro Brazil Tahun 2016
Abstract
Brazil terpilih menjadi tuan rumah olimpiade pada tahun 2009. Namun,
pandangan skeptis muncul dari banyak kalangan mengenai kapasitas Brazil sebagai
tuan rumah olimpiade. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya permasalahan
domestik yang masih belum diselesaikan sehingga hal tersebut berpengaruh pada
citra negara. Brazil menyadari hal tersebut sehingga mereka berupaya untuk
memulihkan citra buruk tersebut dengan memanfaatkan momentum olimpiade ini
sebagai nation branding negara. Selain itu, hal tersebut dilakukan karena Brazil
memiliki kepentingan yang dimana mereka juga ingin mendapatkan keuntungan
dari momen olimpiade tersebut dengan meningkatkan sektor-sektor seperti
ekonomi dan pariwisata. Penelitian ini merupakan pembahasan mengenai
bagaimana upaya Brazil dalam memanfaatkan momentum olimpiade ini sebagai
nation branding bagi mereka.
Collections
- International Relations [502]