Pelatihan Guru Efektif “Ceria Bersama Anak Istimewa” Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Guru Di KBTK IT “X” Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan guru efektif “Ceria Bersama Anak Istimewa” dalam meningkatkan efikasi diri guru prasekolah dalam mendidik anak berkebutuhan khusus (ABK). Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan nonrandomized pretest-posttest control group design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 22 orang guru yang terdiri dari 11 guru kelompok eksperimen dan 11 guru kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri guru dengan merujuk pada teori Tschannen-Moran & Hoy (2001). Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis Friedman. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelatihan guru efektif “Ceria Bersama Anak Istimewa” dapat meningkatkan efikasi diri guru prasekolah dalam mendidik anak berkebutuhan khusus (ABK) setelah diberikan pelatihan pada kelompok eksperimen dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan guru efektif “Ceria Bersama Anak Istimewa” dapat meningkatkan efikasi diri guru prasekolah dalam mendidik anak berkebutuhan khusus (ABK).
Collections
- Master of Psychology [344]