Show simple item record

dc.contributor.authorFITRIANA RIZA
dc.date.accessioned2019-11-15T07:06:08Z
dc.date.available2019-11-15T07:06:08Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/16392
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan guru efektif “Ceria Bersama Anak Istimewa” dalam meningkatkan efikasi diri guru prasekolah dalam mendidik anak berkebutuhan khusus (ABK). Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan nonrandomized pretest-posttest control group design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 22 orang guru yang terdiri dari 11 guru kelompok eksperimen dan 11 guru kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri guru dengan merujuk pada teori Tschannen-Moran & Hoy (2001). Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis Friedman. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelatihan guru efektif “Ceria Bersama Anak Istimewa” dapat meningkatkan efikasi diri guru prasekolah dalam mendidik anak berkebutuhan khusus (ABK) setelah diberikan pelatihan pada kelompok eksperimen dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan guru efektif “Ceria Bersama Anak Istimewa” dapat meningkatkan efikasi diri guru prasekolah dalam mendidik anak berkebutuhan khusus (ABK).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPelatihan Guru Efektif “Ceria Bersama Anak Istimewa”en_US
dc.subjectEfikasi Diri Guru dalam Mendidik Anak Berkebutuan Khusus (ABK)en_US
dc.titlePelatihan Guru Efektif “Ceria Bersama Anak Istimewa” Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Guru Di KBTK IT “X” Slemanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM15915053


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record