Dukungan Teman Sebaya Dan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Siswa Sma Yang Berasrama Di Yogyakarta
Abstract
Pembelajaran mandiri sangat penting dalam proses belajar siswa. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan pengaturan diri dalam belajar untuk siswa sekolah menengah yang naik. Ada 120 siswa asrama sekolah menengah yang telah berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data teknik dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk peer skala dukungan dan skala pembelajaran mandiri yang diberikan kepada masing-masing responden. Hasil menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan pengaturan diri belajar pada siswa sekolah menengah yang naik dengan koefisien korelasi (r) dari 0,134 (p <0,05, p = 0,073). Tidak ada perbedaan antara siswa pria dan wanita siswa dalam pembelajaran yang diatur sendiri
Collections
- Psychology [2173]