STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BISNIS BERAS MURNI ORGANIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha
bisnis beras bagi Murni Organik. Murni Organik merupakan salah satu penyedia
beras organik di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode
kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara,
observasi, angket dan didukung dengan studi literatur atau dokumen. Pemilihan
narasumber dilakukan dengan metode purposive sampling. Strategi pengembangan
usaha dirumuskan berdasarkan pengamatan terhadap lingkungan eksternal (pasar
beras organik di Yogyakarta) dan internal (melalui survei konsumen). Analisis
lingkungan internal Murni Organik bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor
kunci yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan. Sedangkan analisis
lingkungan eksternal Murni Organik bertujuan untuk mengidentifikasi faktorfaktor
kunci yang menjadi peluang dan ancaman perusahaan. Berdasarkan
pengamatan lingkungan internal dan ekternal dengan analisis SWOT maka
diperoleh beberapa alternatif strategi sebagai berikut: menyediakan beras organik
dengan strategi kepemimpinan biaya, memenuhi persyaratan administrasi,
melakukan ekspansi pasar, membangun fasilitas paska panen dan menambah
peralatan yang menunjang proses produksi, menambah modal, meningkatkan
kerjasama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) pemasok beras,
memperbaiki Sistem Informasi Akuntansi, menambah jumlah karyawan dan
melakukan pengembangan produk. Sembilan alternatif strategi tersebut dituangkan
pada rancangan kanvas arsitektur strategi dalam bentuk program kegiatan yang
akan dilakukan dari tahun 2019-2027.
Collections
- Akuntansi [4660]